9 Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Axis dan XL


Di Indonesia tersedia banyak provider yang menyediakan layanan internet. Salah satu provider yang cukup terkenal adalah Axis. Saat ini Axis telah bergabung dengan XL. Setelah marger dengan XL, Axix seolah lebih memfokuskan diri menarget pasar yang membutuhkan paket SMS dan Nelpon dengan sedikit DATA.

Dengan kata lain, untuk kualitas internet, Axis tidak akan secepat XL, namun kecepatan internetnya tetap standar. Lalu bagaimanakah cara mempercepat koneksi Internet Axis?

Sebagai catatan, jika anda sudah memilih Axis sebagai provider untuk berinternet, berarti dilokasi sekitar anda jaringan Axis sudah cukup kuat. Jika sudah demikian, ada beberapa cara yang bisa anda coba tergantung perangkat anda. Untuk perangkat Android (smartphone) dan perangkat komputer tentu saja cara mempercepat koneksi internet Axis berbeda.
Baca : Berbagai Cara Mempercepat Koneksi Internet Dijamin Ngebut



Cara Mempercepat Koneksi Internet Axis


Inilah Rahasia Cara Mempercepat Koneksi Internet Axis dan XL


Berikut beberapa cara untuk mempercepat koneksi internet pada provider Axis.

1. Ubah setting jaringan untuk Android.

Pada settingan jaringan perangkat android anda, pastikan sudah menggunakan jaringan 3G atau HSDPA. Dengan menggunakan jaringan 3G atau HSDPA kecepatan internet bisa lebih cepat jika hanya sekedar berseluncur di jaringan 2G atau Edge.

Cara settingnya mudah, pada netword mode ubah menjadi WCDMA only. Dengan demikian saat masuk ke jaringan 3G akses internet Axis anda akan jaug lebih cepat.

2. Aplikasi penguat signal 3G/HSDPA.

Sayangnya jaringan 3G atau HSDPA masih belum cukup merata. Untuk bisa menjangkau signal 3G atau HSDPA di perangkat Android anda, instal aplikasi penguas signal. Bisa anda cari di Google Play.

Aplikasi ini akan membuat perangkat Android anda lebih mudah menangkap signal 3G atau HSDPA. Dengan demikian anda bisa berinternet dengan cepat dalam jaringan 3G atau HSDPA.

3. Pilih Mini Browser.

Untuk perangkat Android anda, gunakanlah mini browser. Anda bisa mencarinya di Google Play. Yang paling terkenal adalah UC Mini Browser atau Opera Mini Browser.

Kedua mini browser tadi memiliki kemampuan kompresi data yang lumayan tinggi. Dengan demikian saat mengakses internet akan lebih ringan dan lebih cepat.

Dengan mini browser ini, anda bisa lebih nyaman dalam berinternet dan lebih irit penggunaan kuota.

4. Aplikasi internet booster.

Di perangkat Android juga terdapat aplikasi internet booster. Ada banyak tersedia di Google Play, anda bisa mendownloadnya. Yang cukup populer adalah Internet Booster and Optimizer dan Faster Internet 2x.

Kedua aplikasi ini bisa membantu anda mendapatkan koneksi internet yang lebih optimal. Anda tinggal menginstalnya dan tidak perlu melakukan rooting.

5. Pilih modem dengan spesifikasi kecepatan tinggi.

Untuk anda yang menggunakan perangkat komputer, pilihlah modem dengan spesifikasi kecepatan yang cukup tinggi. Saat membeli anda bisa mengecek spesifikasi kecepatan modem tersebut.

Dengan semakin tingg spesifikasi kecepatan modem yang anda gunakan, kecepatan koneksi dari internet Axis juga bisa dioptimasi.

6. Setting DNS Server.

Untuk bisa mendapatkan optimasi kecepatan internet dari Axis, ubah DNS Server di komputer anda menggunakan DNS Google atau Open DNS. Dengan melakukan hal ini kecepatan internet Axis bisa dioptimasi hingga 20% dari kecepatan normal.

Cara-cara diatas bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan kecepatan internet Axis anda. Namun kembali lagi masalah kecepatan internet tergantung dari banyak faktor.

Misalnya masalah lokasi tempat tinggal anda, masalah cuaca atau kestabilan dari jaringan Axis di tempat anda. Selamat mencoba cara mempercepat koneksi internet Axis diatas. Semoga anda bisa mendapatkan koneksi yang jauh lebih cepat.

7. Rutin membersihkan cache di perangkat Android.

Cache adalah suatu memory sementara yang menyimpan informasi atau data tentang aksebility suatu aplikasi. Contohnya adalah untuk menyimpan username dan password, sehingga saat membuka suatu aplikasi tidak perlu login lagi.

Namun jika cache di perangkat Android anda menumpuk, hal ini akan menjadi masalah. Selain perangkat Android bisa menjadi lemot, koneksi internet juga menjadi tidak stabil.

Maka dari itu anda perlu rutin membersihkan cache. Anda bisa membersihkan secara manual atau menggunakan bantuan aplikasi yang bisa dengan mudah anda cari di Google Play.

8. Kurangi penggunaan aplikasi yang menyedot koneksi internet di latar belakang.

Di Android ada beberapa jenis aplikasi yang cukup banyak menyedot koneksi internet. Jadi aplikasi ini meski tidak dibuka, tetap berjalan dilatar belakang dan menyedot koneksi internet.

Kurangi aplikasi-aplikasi semacam ini. Selain mengurangi kecepatan koneksi internet, aplikasi-aplikasi semacam ini juga bisa membuat kuota cepat habis.

9. Pilih provider dengan tepat.

Faktor paling penting adalah memilih provider internet yang tepat. Mau diakali seperti apapun, jika memilih provider internet yang salah, koneksi internet akan tetap lambat.

Pilih provider yang jaringannya kuat dan stabil. Sesuaikan juga dengan lokasi tempat tinggal anda. Jika memungkinkan, pilihlah paket 4G.

Itu dia beberapa tips atau cara mempercepat koneksi internet android. Selamat mencoba dan semoga bisa sedikit membantu.