4 Cara Mempercepat Jaringan Internet Android


Internet dulu adalah sesuatu yang cukup mewah. Belum semua orang bisa menjangkau internet. Namun sekarang internet sudah menjadi sesuatu yang biasa, terlebih saat Smartphone Android semakin merebak. Sekarang Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia.

Demand untuk internet sekarang juga semakin tinggi. Orang-orang bahkan juga semakin menuntut kualitas internet yang labih baik. Cara mempercepat jaringan internet Android akhirnya banyak dicari karena kualitas internet di Indonesia yang belum merata. Di daerah-daerah koneksi internet belum sebaik koneksi di kota. Padahal para pengguna internet di daerah juga sudah cukup banyak.

Karena hal ini akhirnya mulai banyak trik yang dikembangkan untuk sedikit meningkatkan kecepatan koneksi internet. Berikut ini dia beberapa trik atau cara mempercepat jaringan internet Android yang bisa anda coba.

cara mempercepat jaringan internet android


Memilih Provider yang Memiliki Koneksi Stabil.

Hal pertama yang sangat perlu diperhatikan adalah pemilihan provider. Sesuaikan pemilihan provider dengan lokasi dimana anda tinggal. Pilihlah provider yang signalnya kuat dan memiliki koneksinya stabil.

Jika anda benar-benar membutuhkan kecepatan, sebaiknya anda menyediakan budget lebih untuk membeli paket internet. Pasalnya provider yang koneksinya stabil dan cepat biasanya memang lebih mahal.

Jika anda tinggal di daerah yang sudah dijangkau jaringan 4G LTE, sebaiknya anda membeli paket internet untuk jaringan ini. Pilih provider dengan paket yang masih bisa anda jangkau dan cukup terpercaya dalam memberikan layanan.

Jaringan 4G LTE ini bisa memberikan kepuasan dalam berinternet karena kecepatannya yang cukup tinggi. Namun sayangnya jaringan ini belum merata. Jaringan 4G LTE ini baru bisa dijangkau di beberapa kota besar.


Pasang aplikasi internet booster.

Tak mau kalah, para pengembang apliakasi Android melihat peluang koneksi internet yang masih lemot dengan mengembangkan suatu aplikasi yang bisa meningkatkan koneksi internet.

Ada banyak aplikasi internet booster yang bisa anda cari di Google Play. Pilihlah aplikasi yang banyak mendapat respond positif.

Contoh aplikasi yang cukup populer adalah Internet Booster & Optimizer dan juga Faster Internet 2X. Dua aplikasi ini cukup populer dan banyak mendapat respond positif dalam meningkatkan kecepatan koneksi internet.


Rutin untuk membersihkan Cache.

Cache adalah temporary memory yang menyimpan informasi dari suatu aplikasi. Misalnya anda pernah membuka twitter, maka password dan id akan tersimpan di cache. Jadi saat membuka dilain kesempatan tidak perlu lagi melakukan login.

Cache memang memudahkan, namun jika dibiarkan menumpuk hal ini akan sangat memberatkan. Jadi bersihkan cache ini secara rutin untuk mendapatkan koneksi yang lebih optimal dan tidak berat.

Ada aplikasi untuk membersihkan cache yang bisa diinstal. Aplikasi yang cukup banyak digunakan adalah Clean Master, CCleaner, atau 360 clean droid. Dengan aplikasi ini, anda bisa membersihkan cache secara otomatis.


Tidak terlalu banyak menginstal aplikasi.

Aplikasi yang terlalu banyak terinstal di smartphone akan memberatkan RAM dan juga bisa membuat koneksi internet lebih lemot. Pasalnya ada banyak aplikasi Android yang terus beroprasi di latar belakang dan memakan koneksi atau kuota internet meski tidak sedang dibuka.

Maka dari itu kurangi penggunaan aplikasi yang tidak terlalu diperlukan. Minimalisir penggunaan aplikasi. Hindari menginstal aplikasi yang fungsinya sama. Misalnya menginstal 2 browser. Hal ini membuat boros memory.

Itu dia beberapa cara mempercepat jaringan internet Android. Tips-tips diatas bisa anda coba. Namun yang menentukan apakah internet itu cepat atau tidak itu kembali ke provider yang dipilih. Jadi pastikan anda memilih provider internet yang tepat.