4 Cara Mempercepat Koneksi Internet Lewat cmd di Komputer Anda


Untuk bisa mempercepat koneksi internet anda bisa menggunakan banyak cara, salah satunya adalah cara mempercepat koneksi internet lewat cmd. cmd atau Command Prompt merupakan sebuah fitur pada laptop yang memiliki basis Windows yang digunakan untuk melakukan pengaturan dari dasar. Meski saat ini penggunaannya sudah banyak dikesampingkan, tapi ada banyak fitur yang masih bisa dinikmati dari cmd ini, salah satunya adalah untuk mempercepat koneksi internet untuk laptop dan komputer anda. Lalu bagaimana cara untuk mempercepat koneksi internet dengan menggunakan cmd ini? Mari kita simak tutorialnya. 

cara mempercepat koneksi internet lewat cmd

4 Cara Mempercepat Koneksi Internet Lewat cmd di Komputer Anda


Setting cmd untuk meningkatkan koneksi internet
Untuk membuka cmd anda bisa menggunakan perintah berikut ini :
  1. Tekan tombol window + R untuk membuka window Run
  2. Ketik cmd pada kolom didalam window run tersebut

Cara lain yang lebih mudah juga bisa anda lakukan dengan berikut ini :
  1. Klik tombol window pada layar laptop atau komputer anda
  2. Ketik cmd pada bar pencarian
  3. Klik kanan cmd
  4. Klik run as administrator.

Lalu untuk melakukan setting untuk meningkatkan kecepatan internet anda ketik perintah berikut ini :
  1. Ketik Netsh int tcp show global
  2. Lalu tekan enter
  3. Ketik Netsh int tcp set chimney=enabled
  4. Lalu tekan enter
  5. Ketik Netsh int tcp set global autotuninglevel=normal
  6. Lalu tekan enter
  7. Ketik Netsh int set global congestionprovider=ctcp
  8. Lalu tekan enter. 

Menggunakan cmd untuk mereset cache DNS
Cara mempercepat koneksi internet lewat cmd yang lain juga bisa dilakukan dengan melakukan reset terhadap cache DNS anda. Hal ini juga dilakukan dengan menggunakan cmd sehingga anda bisa menggunakan perintah seperti diatas untuk membuka cmd bisa melalui keyboard dan bisa juga melalui tombol start.
Setelah window cmd terbuka, maka ketikkan “ipconfig/flushdns” setelah itu klik enter ada keyboard anda. Dengan mengetikkan perintah diatas pada window cmd, anda sudah melakukan reset terhadap cache DNS anda dan meningkatkan kecepatan koneksi internet anda.
Setelah muncul kalimat
“Windows IP Configuration”
“Successfully flushed the DNS Resolver Cache”
Anda bisa mengetikkan perintah “exit” untuk keluar dari cmd.

Menggunakan cmd untuk mereset Winsock dan TCP IP
Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecepatan internet anda adalah dengan melakukan reset terhadap Winsock dan juga TCP IP. Hal ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan cmd. Cara melakukan reset terhadap Winsock dan juga TCP IP ini bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah berupa
“netsh int ip reset c:\resetlog.txt”
Setelah mengetikkan perintah tersebut anda bisa langsung menekan tombol enter pada keyboard anda. Setelah itu cmd akan melakukan perintah anda dengan mengeluarkan status proses-prosesnya di layar cmd anda. Ketika proses resetting selesai, window cmd akan mengeluarkan perintah untuk mereset komputer atau laptop anda untuk membuat aksi reset ini sempurna. 

Melakukan ping default gateway
Selain 3 cara yang telah disebutkan sebelumnya, untuk meningkatkan kecepatan pencarian dan juga download yang anda lakukan anda bisa menggunakan fitur ping default gateway yang dimiliki oleh cmd. Cara untuk melakukan ping terhadap default gateway ini bisa dilakukan dengan cara berikut ini :
  1. Buka cmd sebagai privilages administrator
  2. Ketik perintah ip config untuk mengetahui default gateway anda.
  3. Setelah itu cari default gateway anda
  4. Ketikkan perintah ping –t (default gateway komputer anda)

Sembunyikan window dan lakukan browsing. Jangan menutupnya karena dengan menutup window tersebut anda akan mematikan proses ping yang merupakan salah satu cara mempercepat koneksi internet lewat cmd ini.