15 Cara Handal Meningkatkan Pengunjung Blog


Bagaimana Cara Untuk Memperbanyak Visitor Blog Kita ? Pasti banyak yang menanyakan pertanyaan tadi, Karena Impian para blogger ialah blognya memiliki banyak pengunjung, Karena Dengan pengunjung sudah pasti penghasilan blogpun meningkat iakan ?

Untuk seorang blogger atau bisnis online, lalu lintas/Visitor adalah hal yang sangat penting karena semua blogger atau internet marketer ingin website mereka terkenal dan dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung ke situs kami. Beberapa upaya untuk meningkatkan lalu lintas ke situs kami secara gratis, tetapi ada juga sumber lalu lintas yang membutuhkan modal. Apakah strategi yang paling sesuai untuk blog Anda / website?

Pada artikel ini saya akan mencoba untuk menjelaskan beberapa cara untuk meningkatkan potensi lalu lintas untuk website kalian, baik gratis atau Bayar. Meskipun ada banyak cara yang bisa kita lakukan, namun tidak semua cara dapat sesuai dengan jenis blog / situs yang kita miliki. Kita harus bijaksana dalam memilih sumber lalu lintas untuk hasil yang maksimal.

Anda mungkin tahu bahwa pengunjung (juga disebut lalu lintas) menentukan keberhasilan blog Anda. Lebih banyak pengunjung, semakin sukses blog Anda ditandai dengan peningkatan pendapatan atau meningkatnya jumlah pelanggan. Sayangnya, pengunjung blog Anda tidak mengubah atau cenderung untuk menurun dari hari ke hari meskipun Anda rajin dalam penerbitan Artikel.

15 Cara Handal Meningkatkan Pengunjung Blog

Cara Ampuh Menaikan Trafik Pengunjung Blog

Langsung sajah ke Cara Menambahkan Trafik Visitor Ke Blog Kita.

1.  Cobalah Blog Walking

Blog walking adalah kegiatan mengunjungi blog/ website orang lain yang masih berhubungan dengan blog kita, lalu meninggalkan komentar di blog/ website tersebut. Ada banyak blog yang menyediakan kolom untuk meninggalkan URL website bagi orang yang memberikan komentar di situs mereka, inilah yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Jangan pernah meninggalkan komentar SPAM pada blog orang lain karena hal itu hanya akan memberikan citra yang buruk pada Anda sebagai seorang blogger atau internet marketer. Biasakan untuk membaca artikel yang ditulis terlebih dahulu sebelum meninggalkan komentar agar Anda mengerti memberikan komentar yang sesuai dengan topik artikel.

Dengan berkomentar dengan baik dan meninggalkan URL blog kita di kolom yang telah disediakan, maka Anda akan mendapatkan backlink menuju situs Anda. Selain itu, kemungkinan besar pengunjung lain di blog tersebut juga akan mengunjungi situs Anda ketika mereka melihat komentar yang Anda berikan. Dari proses blog walking ini kita bisa mendapatkan cukup banyak trafik, tapi memang dibutuhkan usaha ekstra dengan memberikan komentar di blog-blog lain terlebih dahulu.

2. Lewat Situs Social Bookmarking

Situs-situs social bookmarking awalnya dibuat untuk membantu netter menyimpan alamat website yang mereka sukai, sehingga akan memudahkan mereka ketika ingin membuka website tersebut di kemudian hari. Pada perkembangannya, situs social bookmarking sering digunakan untuk optimasi SEO dan juga untuk mendapatkan trafik. Nah, yang saya tulis di sini adalah trafik langsung dari Social bookmarking-nya, bukan efeknya ke SEO sebuah situs.

Kita bisa menyimpan URL blog/ website atau URL postingan artikel blog milik kita ke situs-situs social bookmarking, dengan harapan pengguna yang lain akan tertarik dengan URL yang kita submit dan mengunjungi situs kita dengan media social bookmarking tersebut. Selain itu, situs social bookmarking juga sering mendapatkan trafik dari mesin pencari. Jadi, menurut saya kemungkinan untuk mendapatkan trafik dari situs social bookmarking cukup potensial dan harus dimanfaatkan dengan baik.

3. Dengan Situs Social Media

Banyak orang bilang, sekarang itu jamannya media sosial dan itu sangat benar. Pertumbuhan pengguna media sosial di Indonesia saja sudah mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Ditambah lagi perkembangan smartphone di Indonesia sudah sangat pesat. Kebanyakan pengguna smartphone pasti punya akun di situs-situs media sosial, paling tidak salah satu dari situs media sosial. Nah, tentunya ini adalah potensi trafik yang cukup besar bagi kita pemilik blog/ website.

Bisnis yang populer di media sosial pasti tidak akan kesulitan untuk mendapatkan perhatian dari pengguna media sosial lainnya. Itulah sebabnya mengapa banyak bisnis mengalami peningkatan profit setelah mereka mengoptimalkan media sosial untuk bisnis mereka. Beberapa media sosial yang sering digunakan untuk mendapatkan trafik adalah Facebook, Twitter, Google plus, YouTube, LinkedIn, dan Pinterest. Sebenarnya masih ada beberapa media sosial yang bisa digunakan, tapi berdasarkan pengalaman saya, 6 situs yang saya sebutkan itu adalah media sosial yang paling populer.

4. Menggunakan Situs Forum

Situs forum diskusi sering digunakan para internet marketer sebagai media untuk mendapatkan trafik menuju blog/ website bisnis mereka. Ada banyak situs forum yang memperbolehkan link di dalam thread atau pada signature para member mereka. Tentunya ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Satu hal yang harus kita perhatikan adalah tetap menjaga nama baik di dalam forum tersebut, bacalah rules dalam forum tersebut sebelum bertindak lebih jauh. Jangan membuat thread yang tidak berguna atau thread yang bisa membuat reputasi Anda tercoreng. Manfaatkan fasilitas link signature forum dengan sebaik-baiknya, manfaatkan fasilitas link di dalam thread forum dengan wajar. Ada beberapa forum yang tidak memperbolehkan link di dalam thread, jangan melanggar aturan tersebut.

Beberapa forum yang saya rekomendasikan untuk mendapatkan trafik dan backlinks adalah pengusaha.co, bersosial.com, forum.kompas.com, forum.detik.com, kaskus.co.id, dan lain-lain. Masih ada banyak forum yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan referral trafik, tapi saya sarankan untuk fokus pada beberap forum yang paling potensial untuk bisnis Anda.

5. Manfaatkan Guest Posting di Blog Lain

Ada banyak blog yang memberikan kesempatan pada orang lain untuk mengirimkan artikel/ konten dan memasang link di blog mereka. Tentunya artikel/ konten yang kita posting di blog tersebut harus sesuai dengan kriteria yang mereka tentukan. Kita bisa memasang link situs bisnis kita di bagian author, beberapa blog memperbolehkan penulis mereka untuk memasang link di dalam artikel. Selain memberikan efek SEO, referral trafik dari blog-blog tersebut tentu cukup banyak, apalagi bila kita menulis artikel di blog yang sudah terkenal.

Sebenarnya masih ada banyak cara gratis lainnya untuk mendapatkan pengunjung menuju situs kita. Tapi lima cara yang sudah saya sebutkan di atas sebenarnya sudah sangat baik bila kita bisa mengoptimalkannya. Saya sendiri fokus pada empat cara tersebut karena selain memberikan trafik langsung, keempat cara yang sudah saya sebutkan di atas terbukti memberikan dampak SEO yang baik pada blog saya. SEO yang baik tentunya akan memungkinkan situs kita akan mendapatkan trafik gratis dari mesin pencari, misalnya Google.

Sesekali Menggunakan Yang Berbayar Untuk Menaikan Pengunjung Blog/Website


Bagi Anda yang tidak ingin menunggu proses optimasi dengan cara gratis, maka cara berbayar bisa dilakukan untuk mendapatkan trafik menuju blog/ website bisnis Anda. Beriklan di beberapa media bisa memberikan dampak yang sangat baik dalam meningkatkan trafik, namun agar tidak terlalu boros, ada baiknya kita memilih media yang memang benar-benar efektif dan sesuai dengan target situs bisnis. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan traffic pengunjung blog/ website dengan cara berbayar:

6. Pasang Iklan Di MedSos/Media Sosial


Facebook adalah media sosial yang paling efektif untuk memasang iklan karena konversi iklan di media sosial yang satu ini terbukti sangat baik. Di Facebook Ads kita bisa memilih target audiens yang paling sesuai dengan kategori yang kita butuhkan, inilah yang akan mempengaruhi efektivitas iklan yang kita pasang.

Berdasarkan pengalaman saya, memasang iklan di Facebook Ads sangat mudah dilakukan. Kita bisa mengatur berapa budget yang ingin kita keluarkan untuk sebuah klik iklan, dan kita juga bisa mengatur target audiens yang sesuai dengan bisnis kita.

7. Pakai Iklan PPC


Google Adwords adalah perusahaan penyelenggara media iklan PPC yang paling terkenal saat ini. Perusahaan milik Google ini sudah memiliki jaringan pengiklan (advertiser) dan publisher dengan jumlah yang sangat banyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Keunggulan dari Google Adwords adalah iklan yang muncul di situs publisher mereka adalah iklan yang sesuai dengan artikel.

Saya pribadi belum pernah memasang iklan di Google Adwords, tapi ada banyak testimoni dari pengiklan mereka yang mengatakan puas dengan layanan Google Adwords dan memberikan dampak positive bagi bisnis mereka. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan trafik potensial menuju situs bisnis Anda, tidak ada salahnya mencoba Google Adwords.

8. Gunakan Iklan di Situs Iklan Baris Online

Cara lain untuk mendapatkan trafik ke blog/ website bisnis adalah dengan memanfaatkan situs iklan baris. Sebenarnya ada banyak situs iklan baris yang memberikan ruang iklanbaris secara gratis, tapi saya lebih merekomendasikan yang berbayar karena biasanya hasilnya jauh lebih baik dari yang gratisan.

Mengoptimalkan Blog Untuk Meningkatkan Pengunjung


9. Evaluasi Dan Tingkatkan kecepatan blog

Evaluasilah kecepatan blog Anda di Pingdom Website Speed Test. Kalau waktu untuk mengaksesnya cepat, Anda bisa melangkah ke cara berikutnya. Jika sebaliknya, cari penyebabnya. Jika hosting penyebabnya, pindahkan blog Anda ke penyedia hosting lain sehingga blog Anda lebih cepat dibuka.

Mohon diingat, kecepatan blog Anda berpengaruh terhadap peringkat blog Anda di hasil pencarian Google. Mengapa? Karena Google memasukan kecepatan blog/website sebagai salah satu faktor pemeringkatan di algoritmanya.

10. Buatlah Artikel berkualitas

Cara terbaik untuk meningkatkan trafik adalah dengan membuat postingan berkualitas. Jika Anda menganggap itu susah, buang jauh-jauh anggapan tersebut. Anda bisa dengan mudah membuat postingan berkualitas dari pengalaman Anda.

Contoh: Jika Anda seorang blogger yang mengupas topik pengembangan diri, Anda bisa membuat postingan tentang kesuseksan Anda mengelola waktu. Jika Anda masih bermasalah dengan pengelolaan waktu (misal menunda-nunda pekerjaan), Anda bisa juga membuat postingan mengenai alasan orang menunda-nunda pekerjaan. Alasan yang dibahas dalam postingan tersebut adalah penyebab Anda menunda-nunda pekerjaan. Tidak rumit, kan?

11. Cari dan pakai judul postingan yang menarik

Postingan berkualitas Anda harus memiliki judul (headline) yang menarik. Semakin menarik judulnya, semakin penasaran orang untuk membacanya. Jika sebaliknya, postingan berkualitas Anda akan “kesepian” karena tidak ada yang membaca.

Berita bagusnya adalah Anda tidak perlu lama membuat judul yang menarik karena telah banyak “contekannya”. Contohnya, 52 Headline Hacks yang ditulis oleh Jon Morrow, seorang blogger yang berpengalaman di bidang copywriting. Kunjungi blognya Jon, BoostBlogTraffic.com, untuk mengunduh ebook luar biasa tersebut.

12. Gunakan long tail keyword

Anda tidak mendapatkan pengunjung dari kata kunci yang besar pencarian bulanannya? Jika ya, ubah strategi Anda dengan membidik kata-kata kunci berekor panjang (long tail keywords). Kata kunci ini bercirikan memiliki 3 suku kata atau lebih dengan pencarian bulanan yang tidak banyak (misal 100-500 pencarian). Untuk mencarinya, Anda bisa menggunakan Google AdWords Keyword Planner.

Dengan menargetkan long tail keyword (LTK), peluang blog Anda masuk halaman 1 Google lebih besar. Mengapa? Karena biasanya LTK tidak dilirik oleh blogger-blogger besar sehingga persaingannya rendah di halaman 1 Google.

Pengunjung yang datang dari LTK memang tidak banyak. Namun, jika Anda menargetkan banyak LTK, hasilnya akan besar. Seperti pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

13. Lebih Dekat dengan pengunjung

Anda juga harus berinteraksi dengan pengunjung jika blog Anda berjenis blog otoritas. Caranya dengan membalas komentar atau email dari pengunjung. Jika sebaliknya, pengunjung akan kecewa sehingga bukan mustahil mereka tidak mau lagi berkunjung ke blog Anda. Dampaknya, pengunjung blog Anda berkurang.

14. Manfaatkan media sosial


Aktiflah di media sosial, misalnya di Facebook dan Twitter. Update status Anda di kedua media sosial itu dengan menginformasikan postingan-postingan Anda. Semakin banyak postingan yang Anda informasikan, semakin banyak pula teman-teman Anda mengunjungi blog Anda. Selain itu, aktivitas ini akan membantu Anda mendiversifikasi sumber pengunjung sehingga tidak hanya bergantung kepada mesin pencari.

15. Cobalah Berkomentar di blog orang lain Yang Relevan

Langkah terakhir adalah berkomentar di blog-blog orang lain yang setopik secara baik. Sasarannya untuk menarik perhatian pemilik dan pengunjung blog tersebut untuk mengunjungi blog Anda. Selain itu, aktivitas ini akan menambah jumlah backlink ke blog Anda, baik dofollow maupun nofollow.

Dengan mengetahui 15 cara di atas, Anda tidak perlu stres atau bertanya-tanya kepada banyak orang tentang bagaimana untuk meningkatkan pengunjung blog Anda. Semua yang Anda butuhkan adalah untuk melakukan semua (atau beberapa) cara di atas secara konsisten jadi bahwa cepat atau lambat blog Anda pengunjungnya Naik. Percayalah, itu Berhasil!

0 komentar